Minggu, 21 Desember 2008

Setetes EmbunAnalisis Cerita Sebuah Pertanyaan Bijak di Persimpangan Jalan

Pada beberapa waktu yang lalu, “Setetes Embun” menulis mengenai kisah seorang laki-laki yang berkelana mencari kebenaran hakiki menuju suatu desa penuh kejujuran bernama desa Pitana. Untuk melihat postingan yang dimaksud, bisa di klik di “Sebuah Pertanyaan Bijak di Persimpangan Jalan” ini.

Ringkas cerita, Setelah Anggara sampai di persimpangan jalan antara desa Pitana dan Perkampungan Dora, dia kemudian bertanya kepada seseorang. Berdasarkan jawaban orang tersebut yang menunjuk salah satu dari kedua jalan itu, Anggara kemudian mengikutinya dan sampailah dia ke desa Pitana yang tanpa dusta. Kita semua tahu bahwa Anggara belum mengetahui apakah orang tersebut dari Dora atau Pitana, maka sebuah pertanyaan Anggara itu pastilah pertanyaan berbobot yang tidak asal ucap semata. Pertanyaan yang menghasilkan jawaban yang pasti benar akan keberadaan desa Pitana. Lantas, apakah yang menjadi pertanyaan Anggara sehingga orang tersebut mau menjawab dengan benar ke mana arah desa Pitana yang sesungguhnya???

Analisis dari cerita di atas :

  1. Anggara berada di suatu persimpangan jalan yang bercabang menuju 2 tujuan berbeda

  2. Seseorang muncul dari salah satu cabang jalan di persimpangan itu

  3. Belum diketahui apakah orang itu berasal dari Dora atau Pitana

  4. Anggara menanyakan sebuah pertanyaan kepada orang itu

  5. Jika berasal dari Dora, jawabannya adalah dusta, dan jika dari Pitana, kebenaranlah jawabannya

  6. Orang itu menjawab pertanyaan Anggara sambil menunjuk salah satu jalan di persimpangan itu

  7. Anggara mengikuti arah yang ditunjuk orang itu dan sampailah dia di desa Pitana


Setelah mengetahui poin-poin yang dikemukakan atas, mungkin ada dari kawan-kawan yang telah mengetahui apakah sebenarnya pertanyaan bijak Anggara itu. Jadi, Setetes Embun masih mempersilakan para sobat yang berkenan sharing jawaban mengenai pertanyaan itu dengan mengisi kotak komentar pada postingan ini. Untuk sobat rama,bani biasa,ecko yang telah memberikan komentar pada posting Anggara yang sebelumnya, disampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya telah ikut berperan serta. Pertanyaan dari Anggara ini akan kita singkap bersamaan dengan analisis semua kemungkinan jawaban dari komentar-komentar yang disampaikan para sobat semua di postingan ini dan postingan sebelumnya. Nantikan postingan tersebut 1 minggu lagi dimulai dari tanggal posting artikel ini.

Next…

Comments :

1

Maka jawabannya (jika buleh..) menunggu postingan beriktnya... di tunggu...!! Keep posting dan tetap semangat... Jangan bosan untuk berbagi komentar karena Berbagi Itu Indah

xitalho mengatakan...
on 

Posting Komentar

Tundukkan tangkai padi dengan komentarmu

 
back to top