Kamis, 23 April 2009

Setetes EmbunCara Mengganti Icon Pada Flashdisk

Mungkin anda bosan dengan Icon flashdisk anda? Atau mungkin anda kurang tertarik dengan icon pada flashdisk? Anda ingin Icon lain yang lebih menarik sesuai yang anda inginkan? Atau mungkin anda ingin menggantinya dengan image yang telah anda buat sendiri? Tidak perlu risau, dan tidak perlu bingung karena embun akan berbagi pengalaman dan tips kepada teman-teman untuk mengganti icon default flashdisk anda dengan icon lain sesuai dengan kehendak anda. Makanya, baca artikel ini sampai tuntas ya kawan...:)

Hmmm, kita mulai dari "Apa sih Icon itu?" Icon adalah gambar yang menunjukkan keberadaan drive pada komputer anda yang dapat anda lihat ketika anda berada pada Windows Explorer. Jadi, ketika anda akan menuju pada salah satu drive pada komputer, anda pasti akan "klik" pada gambar yang menyertai label drive anda (C:,D:,E:,F:,dll) sesuai dengan partisi pada harddisk anda, atau flashdisk yang telah anda masukkan. Nah, gambar itulah yang dinamakan dengan "icon".

Setelah anda mengetahui apa itu icon, sekarang kita akan ganti icon default yang kelihatan klasik itu dengan icon baru sesuai keinginan kita. "Bagaimana caranya?" Untuk mengganti icon tersebut, ikuti langkah-langkah berikut ini :
  • Bukalah Notepad dengan cara klik kanan New-->Text Document lalu bukalah file tersebut

  • Setelah itu ketikkan seperti berikut ini :

    [autorun]
    ICON=namaicon.ico
    OPEN=


    Dalam hal ini tentu saja anda harus sudah memiliki Icon yang anda inginkan sebagai pengganti icon default yang ada. Lalu ganti tulisan namaicon.ico di atas dengan nama icon yang telah anda buat

  • Tutup Notepad anda dan simpan file dengan nama Autorun.inf

  • Copy file yang telah anda buat beserta file icon yang telah anda buat ke flashdisk anda. Ingat jangan masukkan di dalam folder, tp langsung copy di flashdisk anda.

  • Eject (Safely remove USB) flashdisk anda dan masukkan kembali flashdisk anda, niscaya icon flashdisk anda akan berubah. Jika masih belum berubah, coba restart komputer anda.

Demikian informasi yang dapat embun sampaikan dan share ke teman-teman semua. Semoga bermanfaat dan dapat menambah informasi kepada teman-teman semua. Sampai jumpa di posting embun selanjutnya kawan.

Comments :

1

siap di coba nie... thnk akh pemberitahuannya... :D

indra putu achyar mengatakan...
on 

Posting Komentar

Tundukkan tangkai padi dengan komentarmu

 
back to top