Minggu, 10 Maret 2013

Setetes EmbunCara Mudah Membuat Situs Blog

Dalam rangka ikut mengkampanyekan gerakan aktif nge-blog, kali ini Embun akan berbagi informasi mengenai cara membuat blog dengan mudah dan cepat. Informasi ini dapat digunakan untuk membantu para peselancar di internet yang ingin membuat blog, tetapi tidak tahu bagaimana cara membuatnya. Dengan memiliki situs web (website) atau blog, teman-teman dapat memanfaatkannya untuk berbagai keperluan, baik keperluan bisnis, seperti bisnis internet, pasang iklan, adsense, pay per click (ppc), pay to click (ptc), dan sejenisnya, maupun suntuk berbagi pengalaman, sharing tips-tips cerdik, trik menarik, atau bahkan berkeluh kesah layaknya sebuah buku diary. Langsung saja, untuk memulai membuat Blog secara instan, mari kita simak beberapa hal berikut.

Proses pembuatan blog secara instan dimulai dengan mula-mula menentukan penyedia blog di internet. Penyedia blog yang juga disebut dengan blog hosting ini menyediakan Content Management System (CMS) yang nantinya berfungsi untuk mengelola isi dan mengatur tampilan blog yang kita inginkan. Terdapat beberapa blog hosting internasional yang sudah banyak dipakai dan dikenal luas di internet, diantaranya seperti Blogspot (www.blogger.com) dan Wordpress (www.wordpress.com). Tentu saja, selain dua nama itu, terdapat juga blog hosting nasional seperti BlogDetik (www.blogdetik.com) dan Kompasiana (www.kompasiana.com). Asyiknya, semua penyedia hosting blog ini menawarkan layanannya dengan Gratis, alias cuma-cuma, alias tanpa bayar. Hmm, menarik bukan ... :)

Untuk mulai menggunakan layanan blog pada para penyedia hosting gratis ini, terdapat beberapa tahapan yang perlu dilakukan:
  1. Memiliki alamat email
  2. Untuk membuat blog diperlukan sebuah alamat email yang digunakan untuk mendaftar pada situs blog hosting. Teman-teman bisa membuat akun email ini melalui situs Gmail, Yahoo!, Hotmail, dll. Ya, walaupun sudah sangat umum, mungkin masih ada beberapa teman yang belum mempunyai alamat email.
  3. Menuju alamat situs penyedia blog
  4. Teman-teman bisa langsung memilih salah satu dari penyedia blog yang telah Embun sampaikan. Setelah itu, teman-teman bisa menuju ke alamat masing-masing situs yang bersangkutan.
  5. Mendaftar pada situs penyedia blog
  6. Setelah menuju pada situs penyedia blog tertentu, hal berikutnya yang perlu dilakukan adalah mendaftar pada situs tersebut. Pendaftaran ini meliputi isian data diri (nama, tanggal lahir, jenis kelamin) dan alamat email serta tempat tinggal. Selain itu, teman-teman juga akan diminta mengisikan user name dan password yang nantinya digunakan untuk login ke akun pada situs tersebut. Tidak jarang pula terdapat isian nomor telepon yang biasanya boleh diisi boleh tidak.
  7. Menentukan nama dan alamat URL Blog
  8. Setelah pendaftaran selesai, hal berikutnya adalah menentukan nama blog dan alamat URL yang akan dipakai. Poin ini merupakan poin terpenting dalam pembuatan sebuah Blog karena teman-teman harus memilih sebuah alamat URL permanen yang nantinya tidak akan dapat diganti lagi. Nama blog adalah nama yang dimiliki suatu blog, sedangkan alamat URL adalah alamat yang biasanya teman-teman ketikkan untuk mengakses suatu situs tertentu. Misalnya, untuk mengakses situs Google, teman-teman perlu mengetikkan alamat http://www.google.com. Mengapa alamat URL menjadi penting? Karena nama URL yang tidak tepat akan membuat situs teman-teman sulit untuk ditemukan melalui search engine dan susah diakses. Alamat situs teman-teman haruslah gampang diingat, tidak terlalu panjang, dan sesuai dengan peruntukan blog yang digunakan. Kurang tepat juga kan situs yang membahas tentang tips rumah tangga diberi alamat jualleledumbo.blogspot.com :D.
  9. Memilih template dan mengatur tata letak
  10. Setelah menentukan nama dan URL, hal berikutnya adalah memilih template blog. Template adalah desain dan tampilan yang digunakan pada suatu blog. Teman-teman tidak perlu khawatir karena teman-teman tidak perlu membuat desain dan tampilan ini dari awal. Teman-teman cukup memilih dari desain dan tampilan yang sudah ada. Tinggal klik klik, dan voila, tampilan blog langsung jadi seketika.
  11. Posting artikel
  12. Setelah beres mengatur semua infrastruktur blog, kini saatnya teman-teman memposting isi atau artikel. Teman-teman juga tidak perlu takut karena cara memposting artikel ini cukup mudah layaknya mengetik tulisan melalui Microsoft Word.
  13. Mengelola dan merawat Blog
  14. Hal terakhir yang perlu dilakukan adalah mengelola dan merawat blog yang sudah dibangun. Blog yang sudah dibangun ini perlu dikelola secara teratur. Teman-teman bisa mencoba meningkatkan performa blog dengan mempercepat waktu loading situs, rutin update posting, mempercantik tampilan, dan perawatan-perawatan lainnya.
Hal-hal tersebut di atas merupakan poin-poin pembuatan situs blog yang masih bersifat umum. Untuk detail cara pembuatan blog pada masing-masing situs (Blogspot, Wordpress, dll.), akan Embun bahas secara lengkap pada posting berikutnya. Selain itu, Embun juga akan berbagi informasi dalam meningkatkan performa website & blog serta tips-tips agar situs teman-teman mudah ditemukan search engine atau Search Engine Optimization (SEO). Nantikan kelanjutan update dari Embun berikutnya. :)

Comments :

3 komentar to “Cara Mudah Membuat Situs Blog”

terimakasih gan atas trik nya

asri mengatakan...
on 

Sangat tertarik terutama dengan yg no.7
Makasih infonya Mas....

Harun Ar mengatakan...
on 

Informasi yang sangat menarik sekali gan... sangat membantu sekali...

Dony mengatakan...
on 

Poskan Komentar

Tundukkan tangkai padi dengan komentarmu

 
back to top