Selasa, 20 Januari 2009

Setetes EmbunInstalasi Joomla (1)

Untuk melakukan instalasi Joomla untuk sebuah website, pertama kali kita harus mempunyai sebuah server di mana Joomla dapat dijalankan. Cara yang termudah untuk meng-install server di sebuah komputer adalah dengan menggunakan XAMPP. Jika anda meng-install Joomla pada suatu web host periksalah “Official Joomla 1.5 Installation Guide” pada http://help.joomla.org. Jangan install contoh isi atau "sample content"dan lewati halaman "Sections, Categories, and Articles" setelah instalasi selesai dan berhasil dilakukan.

Langkah-langkah di atas adalah cara-cara instalasi yang didasarkan pada Sistem Operasi Windows, sedangkan untuk Sistem Operasi yang lain langkah instalasi mungkin sedikit berbeda.

Untuk melakukan instalasi XAMPP :
pertama anda harus mempunyai installer dari program XAMPP yang dapat anda download pada situs: http://www.apachefriends.org/en/xampp.html.

Setelah anda download, jalankan installer dan ikuti instruksi lebih lanjut dan pastikan untuk meng-install semua service yang dibutuhkan oleh Joomla (PHP, MYSQL dan Apache).

xampp1
Setelah selesai melakukan instalasi, periksa dan pastikan di dalam Control panel XAMPP service Apache dan MYSQL dalam kondisi running.
xampp2
Ketika anda telah selesai melakukan instalasi, pastikan instalasi yang telah anda jalankan berhasil, dengan cara browse pada http://localhost/. Jika proses yang anda lakukan berhasil, anda akan dapat melihat tampilan pada layar seperti ini :
xampp3
Dan, Selamat!!!Instalasi XAMPP anda telah berhasil. Artinya, satu langkah lebih dekat pada Instalasi Joomla yang kita harapkan.

Nantikan Posting Embun tentang instalasi joomla selanjutnya...

Comments :

3 komentar to “Instalasi Joomla (1)”

isinya lengkap bgt..

good article friend..

^^

NimZ mengatakan...
on 

isinya lengkap banget,, jd lebih mugah ngerti...

good article friend...^^

NimZ mengatakan...
on 

Aku mengalami kesulitan waktu install joomla memakai buku panduan, lalu aku baca di sini...dan aku berhasil..
'ma kasih banget yah...

Anonim mengatakan...
on 

Posting Komentar

Tundukkan tangkai padi dengan komentarmu

 
back to top